LAPORAN SATUAN PENDIDIKAN
SMP NEGERI 2 MONTONG GADING
T.P. 2023/2024
Kata Pengantar
Puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan dokumen laporan satuan pendidikan di SMP Negeri 2 Montong GadingLaporan satuan Pendidikan disusun berdasarkan hasil analisis data Rapor Pendidikan SMP Negeri 2 Montong Gading tahun 2024 yang menunjukkan bahwa terdapat tiga aspek yang menjadi prioritas perlu ditingkatkan pada periode Januari s/d Juni 2024, yaitu kemampuan literasi dan numerasi serta kualitas pembelajaran.
Oleh karena itu, dalam laporan ini dipaparkan kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru dalam domain kemampuan literasi, numerasi dan metode pembelajaran interaktif, melaksanakan kegiatan pembelajaran yang interaktif dan berpusat pada siswa, menyediakan alat peraga dan media pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran, serta mendorong partisipasi dan peran aktif orang tua dalam mendukung pembelajaran anak.
Kami berharap kegiatan yang telah kami laksanakan dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 2 Montong Gading khususnya bagi siswa, guru, dan orang tua serta dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi serta kualitas pembelajaran di SMP Negeri 2 Montong Gading secara signifikan.
Mare, 27 Juni 2024
Kepala SMPN 2 Montong Gading
Rauhul Islam, S.Pd.
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang MasalahBerdasarkan data Rapor Pendidikan SMP Negeri 2 Montong Gading tahun 2024, terdapat dua aspek yang menjadi prioritas untuk ditingkatkan pada periode bualan januari sampai dengan bulan juni Tahun 2024, yaitu:
1. Kemampuan Literasi dan Numerasi:
- Hasil asesmen menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa masih rendah, terutama pada domain geometri.
- Hal ini dibuktikan dengan skor rata-rata siswa pada domain geometri yang masih rendah.
- Rendahnya kemampuan numerasi pada domain geometri dapat menghambat siswa dalam memahami konsep matematika yang lebih kompleks.
2. Kualitas Pembelajaran:
- Proses pembelajaran di kelas masih kurang interaktif dan berpusat pada guru.
- Hal ini menyebabkan siswa kurang aktif dan tidak optimal dalam belajar.
- Kurangnya metode pembelajaran yang interaktif dapat membuat siswa merasa bosan dan tidak tertarik dengan materi pelajaran.
- Rendahnya kemampuan literasi dan numerasi serta kualitas pembelajaran dapat menghambat siswa dalam mencapai kompetensi dasar yang diharapkan.
- Hal ini juga dapat berakibat pada rendahnya prestasi belajar siswa.
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka perlu dilakukan beberapa upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi sesuai dengan rencana kegiatan yang telah disepakati bersama, yaitu:
- Kepala satuan pendidikan dan pendidik mempelajari domain geometri sebagai bagian dari kemampuan numerasi (Diskusi mingguan guru terkait modul Numerasi di PMM)
- Pendidik mengimplementasikan pengetahuan tentang peningkatan kompetensi pada domain geometri untuk memperbaiki proses pembelajaran numerasi peserta didik (Guru melakukan kegiatan sharing pengetahuan di komunitas belajar)
- Kepala satuan pendidikan mendorong perbaikan terhadap kompetensi pada domain geometri di satuan pendidikan melalui program, kebijakan, dan penganggaran (Kepala Satuan Pendidikan Menyediakan alat peraga pembelajaran geometri)
- Kepala satuan pendidikan dan pendidik mempelajari metode pembelajaran interaktif sebagai bagian dari kualitas pembelajaran (Mengikuti pelatihan terkait metode pembelajaran interaktif melalui komunitas belajar)
- Pendidik mengimplementasikan pengetahuan tentang metode pembelajaran interaktif untuk memperbaiki proses pembelajaran (berbagi praktik baik terkait metode pembelajaran interaktif di komunitas belajar)
- Kepala satuan pendidikan mendorong perbaikan metode pembelajaran melalui program, kebijakan dan penganggaran (Kepala satuan Pendidikan memfasilitasi kegiatan di komunitas belajar). Mendorong partisipasi dan peran aktif orang tua dalam mendukung pembelajaran anak.
B. Tujuan Penulisan Laporan
Laporan ini bertujuan untuk:
- Menganalisis hasil pelaksanaan program peningkatan kemampuan literasi, dan numerasi serta kaulitas pembelajaran di SMP Negeri 2 Montong Gading
- Mengevaluasi efektivitas program kegiatan yang telah dilaksanakan dan memberikan rekomendasi untuk perbaikan di masa depan.
Bagi Guru:
- Meningkatkan pemahaman tentang program peningkatan kemampuan literasi, numerasi, dan kualitas pembelajaran.
- Meningkatkan kemampuan dalam menerapkan program tersebut di kelas.
- Memperoleh informasi tentang efektivitas program dan hambatan yang dihadapi.
- Membuat keputusan yang tepat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.
- Meningkatkan kemampuan literasi, numerasi, dan kualitas pembelajaran.
- Merasa aman dan nyaman di lingkungan sekolah.
- Meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 2 Montong Gading
- Menciptakan ekosistem lingkungan sekolah yang kondusif untuk kegiatan pelaksanaan pembelajaran.
BAB IIIMPLEMENTASI KEGIATAN
A. Jenis Kegiatan - Pembentukan komunitas belajar
- Guru melakukan kegiatan sharing pengetahuan di komunitas belajar
- Diskusi mingguan guru terkait modul Numerasi di PMM
- Penyediaan alat peraga pembelajaran geometri.
- Mengikuti pelatihan terkait metode pembelajaran interaktif melalui komunitas belajar.
- berbagi praktik baik terkait metode pembelajaran interaktif di komunitas belajar
- Mendorong partisipasi dan peran aktif orang tua dalam mendukung pembelajaran anak
- Monitoring dan evaluasi program.
- Kepala Satuan Pendidikan SMP Negeri 2 Montong Gading
- Guru SMP Negeri 2 Montong Gading
- Orang tua peserta didik SMP Negeri 2 Montong Gading
- Meningkatnya pemahaman guru tentang metode pembelajaran interaktif dan peningkatan kompetensi numerasi.
- Meningkatnya kualitas pembelajaran di kelas.
- Terciptanya lingkungan sekolah yang aman dan nyaman.
- Meningkatnya prestasi belajar peserta didik.
- Kurangnya waktu dan sumber daya untuk melaksanakan program.
- Kurangnya motivasi dan komitmen dari beberapa guru.
- Keterbatasan akses internet dan teknologi.
E. Solusi Pemecahan Masalah
- Melakukan koordinasi dengan dinas pendidikan untuk mendapatkan bantuan dan dukungan seperti naras umber kegiatan.
- Meningkatkan motivasi dan komitmen guru melalui pelatihan dan penghargaan.
- Menjalin kerjasama dengan pihak luar untuk mendapatkan akses internet dan teknologi.
F. Rencana Tindak Lanjut pada Kegiatan Periode Selanjutnya
- Melaksanakan program secara berkelanjutan dengan melibatkan seluruh guru dan peserta didik.
- Meningkatkan kualitas program dengan melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala.
- Mencari sumber dana dan kerjasama dengan pihak luar untuk mendukung pelaksanaan program.
BAB III MONITORING DAN EVALUASI
A. Monitoring Monitoring dilakukan secara berkala untuk memastikan program berjalan sesuai dengan rencana. Monitoring dilakukan oleh kepala sekolah, tim pengembang kurikulum, dan guru.
B. Evaluasi
Evaluasi dilakukan untuk mengetahui efektivitas program dan hambatan yang dihadapi. Evaluasi dilakukan di akhir program dengan menggunakan instrumen evaluasi yang telah disiapkan.
BAB IV PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi, program peningkatan kemampuan literasi, numerasi, kualitas pembelajaran, iklim keamanan dan kebhinekaan di SMP Negeri 2 Montong Gading menunjukkan hasil yang positif. Program ini telah meningkatkan pemahaman guru tentang metode pembelajaran interaktif dan peningkatan kompetensi numerasi, meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas, dan menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman.
B. Saran
Program ini perlu dilanjutkan dan ditingkatkan di masa depan. Perlu dilakukan koordinasi dengan dinas pendidikan untuk mendapatkan bantuan dan dukungan. Perlu juga meningkatkan motivasi dan komitmen guru melalui pelatihan dan penghargaan. Menjalin kerjasama dengan pihak luar untuk mendapatkan akses internet dan teknologi.
Contoh Video Ukin 30 Menit
0 Komentar