Dikutip dari buku Bahan Bacaan PPG Dalam Jabatan terbitan Kemdikbud, UbD adalah kerangka kerja yang lebih fokus untuk melihat karakteristik desain pembelajaran yang ingin dipahami. Cara merancangnya dengan menentukan hasil yang ingin dicapai, membuat asesmen, dan merencanakan pembelajaran.
Pada tahapan latihan pemahaman modul 1 topik 1, guru diminta untuk menyelesaikan 10 soal di Ruang GTK. Jika bingung, simak contoh soal-soal dan jawaban latihan pemahaman modul 1 topik 1 Understanding by Design berikut ini.
Jawaban Latihan Pemahaman Modul 1 Topik 1
Latihan pemahaman modul 1 topik 1 adalah bagian akhir dari materi pembelajaran UbD. Dengan adanya latihan ini, guru diharapkan mampu menguasai materi, baik secara konsep maupun praktik.Berikut adalah jawaban latihan pemahaman modul 1 topik 1 seperti yang dikutip dari video Latihan Pemahaman Modul 1 Topik 1 PPG Guru Tertentu 2025
Soal 1
Pertanyaan: Fase-fase yang perlu dilakukan untuk merancang perencanaan pembelajaran berbasis prinsip (UbD) adalah…Jawaban: Merumuskan tujuan, asesmen, dan kegiatan pembelajaran.
Soal 2
Pertanyaan: “Apa yang seharusnya dilakukan, diketahui, dan dipahami oleh peserta didik di akhir pengajaran?”. Pertanyaan tersebut perlu dirumuskan oleh guru apabila akan melakukan tahap…Jawaban: Merumuskan tujuan pembelajaran.
Soal 3
Pertanyaan: “Bagaimana saya dapat mengetahui bahwa pembelajaran telah mencapai hasil belajar yang diinginkan?” Pertanyaan tersebut perlu dirumuskan oleh guru ketika akan melakukan tahap…Jawaban: Merancang asesmen.
Soal 4
Pertanyaan: “Bagaimana saya mendesain kegiatan pembelajaran agar peserta didik yang beragam dapat mencapai tujuan pembelajaran?” Merupakan pertanyaan penting yang perlu dipertimbangkan pada tahap…Jawaban: Merancang kegiatan pembelajaran.
Soal 5
Pertanyaan: Setelah memahami substansi CP, guru diharapkan mulai mendapatkan ide-ide tentang apa yang harus dipelajari oleh peserta didik dalam suatu fase untuk dirumuskan menjadi beberapa Tujuan Pembelajaran (TP) yang lebih operasional dan konkret. Dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP), guru dapat memilih beberapa alternatif teknik berikut, kecuali…Jawaban: Merumuskan TP berdasarkan intuisi pribadi tanpa mempertimbangkan kebutuhan peserta didik.
Soal 6
Pertanyaan: Capaian Pembelajaran (CP) dapat dirumuskan merujuk pada teori belajar konstruktivisme dan kurikulum dengan pendekatan Understanding by Design (UbD) yang dikembangkan oleh Wiggins & Tighe (2005). Dalam kerangka teori ini, “memahami” merupakan kemampuan yang dibangun melalui proses dan pengalaman belajar yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk dapat menjelaskan, menginterpretasi dan mengaplikasikan informasi, menggunakan berbagai perspektif, dan berempati atas suatu fenomena. Terkait hal tersebut pernyataan yang benar dalam kurikulum merdeka adalah…Jawaban: Pemahaman dimaknai sebagai suatu proses kognitif yang kompleks tidak sederhana sebagai proses berpikir tingkat rendah.
Soal 7
Pertanyaan: Pembelajaran dan assessment merupakan satu kesatuan yang sebaiknya tidak dipisahkan titik terkait hal tersebut guru dan peserta didik perlu memahami kompetensi yang hendak dicapai agar keseluruhan proses pembelajaran diupayakan untuk mencapai kompetensi yang dimaksud. Kaitan antara pembelajaran dan assessment, digambarkan dan diilustrasikan melalui ilustrasi berikut, kecuali…Jawaban: Guru dapat mengukur capaian hasil belajar peserta didik pada akhir pembelajaran jika diperlukan.
Soal 8
Pertanyaan: Pada setiap mata pelajaran, terdapat sejumlah capaian pembelajaran dalam (CP) sebagai kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik pada setiap fase. Rumusan CP tersebut memberikan gambaran tentang tujuan umum dan ketersediaan waktu untuk mencapai tujuan tersebut dalam 6 etape yang disebut fase. Pemanfaatan fase-fase CP dalam perencanaan pembelajaran dapat dikemukakan sebagai berikut, kecuali…Jawaban: Mendorong guru fokus pada ketercapaian CP di akhir fase tanpa perlu memperhatikan perkembangan peserta didik dan kesinambungan proses pembelajaran antar kelas.
Soal 9
Pertanyaan: Pernyataan terkait kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) berikut ini yang benar adalah…Jawaban: Semua benar
Soal 10
Pertanyaan: Pernyataan terkait asesmen awal berikut ini yang kurang tepat adalah…Jawaban: Asesmen awal berfungsi untuk mendapatkan nilai capaian hasil belajar untuk dibandingkan dengan kriteria capaian pembelajaran yang ditetapkan.
Semua jawaban di atas tidak harus dijadikan acuan penuh. Anda sebagai guru harus memiliki pemahaman yang bagus atas materi yang sudah dipelajari dan juga dipraktikan.
0 Komentar