BSOlTSClTpMoGfG5BUziTfdoGY==

5 Tips Lulus Guru Penggerak

5 Tips Lulus Guru Penggerak


Tips Lulus Guru PenggerakSetiap guru di Indonesia bisa mengikuti program guru penggerak. Asalkan, segala persyaratan terpenuhi. Bagi Anda yang ingin lulus program ini, simak beberapa tipsnya berikut ini.

1. Pahami dan Gali Informasi PGP

Tips pertama yaitu gali dan pahami segala informasi mengenai PGP mulai dari tanggal pendaftaran, alur pendaftaran, syarat dan kriteria, gambaran kegiatan, dan info lainnya. Alur pendaftaran program guru penggerak meliputi seleksi berkas dan validasi oleh tim verifikasi, pengumuman seleksi tahap 1, seleksi tahap 2 meliputi simulasi mengajar dan wawancara, serta pengumuman seleksi tahap 2.

2. Penuhi Kriteria Umum dan Seleksi

Terdapat beberapa kriteria umum dan seleksi yang harus Anda penuhi. Penjelasan mengenai kriteria umum dan seleksi dapat Anda baca di situs resmi sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id.

3. Siapkan Dokumen sesuai Persyaratan

Tips lulus program guru penggerak selanjutnya yaitu mempersiapkan dokumen berupa Curriculum vitae (CV), esai, KTP, surat dukungan kepala sekolah, surat rekomendasi, dan RPP yang akan diinput dan diunggah. Buatlah CV menarik yang berisi pengalaman pelatihan, organisasi, sukarelawan, dan pengembangan orang lain.

Persiapan pembuatan esai juga harus matang, Anda bisa mengikuti beberapa tips penulisan esai di internet.

4. Rajin Belajar

Pada seleksi tahap 2, peserta akan melakukan wawancara dan simulasi mengajar. Oleh karena itu, persiapkan diri sebaik mungkin dalam menjawab pertanyaan wawancara.

Jawab pertanyaan tim seleksi/asesor berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang Anda miliki. Perbanyaklah belajar dan latihan wawancara. Hal lainnya yang perlu Anda lakukan pada seleksi wawancara, antara lain:
  • Jaringan internet stabil dan kuota memadai.
  • Komputer/laptop/smartphone berfungsi dengan baik khususnya kamera video dan microphone.
  • Dapat melakukan panggilan video menggunakan Google Meet.
  • Pastikan daya baterai cukup selama sesi wawancara.

5. Ikuti coaching clinic

Ikutilah coaching clinic yang diadakan Balai Besar Guru Penggerak. Manfaat dari mengikuti kegiatan tersebut yaitu dapat mengetahui teknis persiapan akun SIM PKB serta info detail mengenai seleksi tahap dua PGP.

Itulah tips lulus guru penggerak yang dapat Anda ikuti dan terapkan. Selain program guru penggerak, Anda juga dapat mengembangkan kompetensi lewat platform digital seperti e-Guru.id, GuruJuara.com, dan Diklat.co.

0 Komentar