BSOlTSClTpMoGfG5BUziTfdoGY==

Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SMP Negeri 2 Montong Gading

Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SMP Negeri 2 Montong Gading


SMP Negeri 2 Montong Gading – Selasa, 18 Juli 2023, SMP Negeri 2 Montong Gading baru saja melaksanakan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dengan Tema “Peningkatan Kompetensi Paedagogik Guru dan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar”. Acara ini diselenggarakan di Laboratorium Bahasa SMP Negeri 2 Montong Gading.

Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SMP Negeri 2 Montong Gading dilaksanakan bertujuan agar para guru dapat mempersiapkan diri lebih awal dalam melaksanakan kurikulum merdeka. Sebab, kurikulum tersebut akan di implementasikan sebagai kurikulum merdeka pada tahun pelajaran 2023/2024. Selain itu, dengan adanya kurikulum ini diharapkan bisa membuat siswa mengenali minat dan bakatnya.


Pada pelaksanaan kegiatan tersebut dihadiri oleh , Kepala SMP Negeri 2 Montong Gading Bapak Rauhul Islam, S.Pd. Mispayandi, S.Pd selaku Waka. Bidang Kurikulum. Muslimin, S.Pd selaku pemateri atau narasumber Kurikulum Merdeka, 

Peserta pada kegiatan tersebut adalah semua Bapak/Ibu Guru beserta staff Tata Usaha SMP Negeri 2 Montong Gading. Acara dibuka dengan pembukaan dari pembawa acara, Nursehan, S.Pd dan dilanjutkan dengan do'a oleh Lalu Pajrin, M.Pd.  Setelah itu, sambutan dari kepala SMP Negeri 2 Montong Gading Bapak Rauhul Islam, S.Pd. 
“Dalam menghadapi perubahan tantangan zaman, termasuk dalam menyikapi perubahan kurikulum, termasuk kurikulum merdeka yang sudah digaungkan Menteri pendidikan dan Kemenristek, Nadiem Makarim, harus mulai diterapkan di semua satuan pendidikan, maka dari itu kami memandang perlu mengadakan workshop ini, semoga para peserta dapat mengambil ilmu dari pemateri dan mengikuti dengan seksama ”, ungkapnya.
 

Kemudian masuk pada acara inti sebagai moderator dalam kegiatan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Bapak Mispayandi, S.Pd. Salah satu upaya sekolah dalam menyambut Kurikulum merdeka ini adalah dengan diadakannya kegiatan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka, satuan pendidikan harus menyiapkan intrumen IKM yaitu, KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan), dan KOSP ini akan di garap oleh Tim khusus kurikulum yang tugaskan langsung oleh kepala sekolah.

IKM merupakan sebuah transformasi, penambal kekurangan dari kurikulum-kurikulum sebelumnya, diharapkan dengan adanya workshop ini SMP Negeri 2 Montong Gading dapat menerapkan Kurikulum Merdeka di tahun pelajaran yang akan datang Tahun Ajaran 2023/2024.

0 Komentar